RSS

BAB. I Tujuan NIkah

pengajian khusus putri memang perlu diadakan dan akan lebih menolong serta memudahkan para wanita dalam menjalankan dienul islam. ini disebabkan karena wanita memang mempunyai persoalan-persoalan khas yang sering kali sulit untuk ditanyakan di hadapan banyak pria ( kalau daam bahasa jawanya itu : rikuh)
disamping itu pengajian khusus wanita ini tidak terlarang bahkan ada contoh.
karena sifatnya yang khusus ini maka bahan-bahan ynag disampaikan disini nantinya kan lebih banyak menjurus pada hal-hal yang akan merupakan kepntingan wanita, atau hal lain yang amat rapat hubungnnya dengan kepentingan wanita dan rumah tangga. disini saya akan berbagi sedikit hasil dari kajian as-sholihaat yang tiap pekan kita hadiri..insyaAllah..

BAB I. TUJUAN Nikah.
ada beberapa surat yng mempertegas  tentang tujuan nikah, anda bisa membuka mushab sendiri..
1. ( QS. Ar-Rum 30 :21) yang artinny " dan sebagian dari ayat-ayat-Nya(=tanda kekuasaan) itu bahwa Dia menciptakan untuk kamu sekalian tu dari kalian sendiri akan jodoh-jodoh supaya alian tinggal (tenang) padanya dan Dia menjadikan diantara kalian itu akan percinaa dan kasih sayang: sesungguhnya ynag demikan itu menjadi ayat-ayat untuk orang-orang yang sama berfikir."
dan ada lagi ayat yang berbunyi " orang-orang laki itu jadi penegak (=pemimpin, pengatur) atas para wanita dengan sebab apa yang Allah telah lebihkan sebagian dmereka (laki-laki) atas sebagian yan lain( wanita) dan dengan sebab apa-apa ynag mereka (laki2) telah belanjakan dari harta benda mereka."
ada lagi ayat yang berbunyi " maka wanita2 yang baik itu adalah wanita-wanita yang tundk kepada Allah, yang menjaga kehormatan/dirinya dalam keadaan ghaib dengan apa yangAllah telah peliharakan."
ada lagi surah ( Qs. An-nisa'4:34) ynag berbunyi :" dan perempuan2 yang kalian khawatirkan nusyuz mereka itu maka nasehatilah mereka di tempat-tempat tidur dan atau pukullah mereka, maka jika mereka ( wanita2) itu mentaati kalaian (laki2) maka jangan lah kalian mencari jalan atas( menyusahkan) mereka, sesungguhnya Allah itu maha tinggi, Maha besar.".

Berdasarkan ayat-ayat diatas diketahuai bahwa tujuan nikah itu adalah
...
1. Supaya orang jadi tenang dan tinggal pada jodohnya..
2. untuk melaksanakan amanat Allah : memimpin ( bagi laki-laki) dan dipimpin ( bagi wanita)
3. Nikah untuk mendapatkan dan menghalalkan "pakaian"
4. untuk mendapatkan keturunan / berbanyak-banyak..
adapu penjelasan lebih lanjut,,cooming soon,,,:)







 
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar