RSS

metopen-1

Latar Belakang_Metopen

    Dalam Pembelajaran fisika pada sekolah tingkat menengah Pertama banyak hal yang harus diperhatikan oleh guru selaku pendidik dan pengajar dalam matapelajaran. Terlebih fisika yang dianggap sebagai momok yang menyeramkan di pikiran siswa.hal-hal yang harus guru perhatikan adalah sebagai berikut : Kesiapan guru dan profesionalisme guru, memperhatikan psikologi siswa, kondusif kelas, materi yang siap, media penyampaian materi yang sangat berpengaruh dalam penerimaan materi yang bisa diterima siswa, serta metode ajar yang ajar yang akan guru gunakan sehingga pembelajaran bisa berjalan lancar dan menyenangkan, tidak lupa pula guru mengalokasikan waktu yang disediakan untuk mencapai SKL dengan membuat Silabus dan Rancangan Pembelajaran. disini akan saya uraikan sedikit penjelasan lebih lanjut dari point-point di atas.
1.) Profesionalisme guru
    Guru fisika harus memiliki dasar ilmu fisika yang matang karena guru yang akan mensuply ilmu kepada siswa, serta memiliki attitude sebagai pendidik, sehingga selain penguasaan materi yang harus sudah di kuasai, guru juga memiliki attitude kepada siswa, karena siswa yang dihadapi guru tidak hanya satu, tapi banyak. jadi guru harus mengetahui psikologi pendidikan( cara mengajar, mendidik dan mengatasi pola siswa yang berbeda-beda). sikap guru sangat mempengaruhi penerimaan siswa terhadap guru, akhlak dan moral guru yang baik, akan tertular kepada siswa, sehingga timbullah wibawa seorang guru yang akan di hormati siswanya. siswa-siswa akan merasa senang dengan pelajaran ketika siswa sadah menyenangi gurunya.
2.) Kesiapan Materi yang matang
    Materi ajar harus sudah disiapkan dengan matang sebelum pelajaran dimulai, bisa dimulai dari patokan SKL ( standar kelulusan), yang berlanjut pada pembuatan silabus dan pembuatan perancanngan pembelajaran, tidak lupa dalam setiap materi guru mengalokasikan waktu yang dibutuhkan dalam setiap materi sehingga pembelajaran bisa tuntas sesuai SKL. bahkan lebih baik ketika guru mampu mengimprovisasi SKL yang sudah ada, agar siswa mendapat pengetahuan lebih.
3.)Ruang Belajar yang Kondusif
    kelas juga salah satu faktor yang mempengaruhi siswa dalam belajar, fasilitas-fasilitas yang ada juga perlu diperhatikan dalam penyampaian materi, apakah disana terdapat media ajar yang cukup memadai atau tidak, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif manakala guru fisika yang ditempatkan disekolah pelosok yang listrik saja belum ada. sehingga skill guru juga di uji disini ketika kesediaan fasilitas terbatas untuk penunjang pembelajaran. Namun fasilitas dan kenyamanan juga mempengaruhi output belajar.
4.) Dan metode pembelajaran menjadi penting ketika guru ingin menyampaikan materi, sesuai materi ajarnya, misal guru akan menyampaikan “clue”/ gambaran konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa mudah memahami untuk materi selanjutnya. metode-metode ajar ini merupakan bagian dari strategi agar pembelajaran efektif. Guru juga bisa menyediakan modul dan test, baik prabelajar atau pasca belajar, yang sebelumnya itu dilakukan untuk mengetahui kondisi siswa, kemampuan siswa dan minat siswa pada pelajaran yang akan kita ajar, sehingg guru bisa mendekati siswa secara personal setelah tahu “apa-apa yang terjadi dalam diri siswa”
test untuk siswa juga bisa dilakukan saat  ereka selesai menerima materi. agar guru bisa menilai sejauh mana keberhasilannya dalam mengajar
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS